ITF Women Circuit 15K Nanjing: Aldila Jumpa Unggulan Pertama Di Perempat Final

Setelah pada babak sebelumnya berhasil membekuk petenis tuan rumah China, Gai Ao yang menjadi unggulan ke 6, di fase perempat final Aldila Sutjiadi harus menghadapi sang unggulan pertama, Han Xinyun.

Kendati menghadapi unggulan pertama yang saat ini bercokol di peringkat 165 dunia, sementara Aldila di peringkat 909, namun putri ke tiga dari pasangan Indriatno Sutjiadi dan Herawati Sutisna Jahja itu sedikitpun tak gentar dan mampu memberikan perlawanan yang cukup sengit.

Aldila Sutjiadi bersama keponakannya di Atlanta, USA  foto doc Indriatno Sutjiadi
Awal set pertama Aldila sedikit terlambat panas sehingga langsung tertinggal 0-3 dari petenis tuan rumah tersebut. Baru di game yang ke 4 set pertama, Dila mulai bangkit dan memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3 dan kemudian 2-3.

Setelah itu Han Xinyun yang secara peringkat dan usia jauh diatas Dila, kembali berhasil mendominasi jalannya permainan sehingga dapat menutup set pertama dengan skor 2-6.

Memasuki set yang kedua, Dila langsung menggebrak dan berhasil mematahkan servis  Han Xinyun untuk unggul terlebih dahulu menjadi 1-0. Sayangnya pada game ke dua, Han membalas dengan mematahkan servis Dila sehingga kedudukan menjadi berimbang 1-1.

Selanjutnya hingga game yang ke 6, kedua petenis silih berganti saling mematahkan serve lawannya hingga kedudukan 3-3. Pada game yang 7, Han bisa mempertahankan servisnya dan menjadikannya unggul 3-4. Di game ke 8 giliran Dila yang berhasil mempertahankan servisnya untuk mengubah keadaan kembali berimbang 4-4.

Pertandingan semakin ketat, kedua petenis saling berbalas mematahkan dan mempertahankan servis. Pada game ke 9, Han Xinyun kembali mempertahankan servisnya sehingga kedudukan menjadi 4-5.

Di game ke 10, Han yang pada tahun 2016 pernah menduduki peringkat 105 dunia itu bisa mematahkan servis Aldila Sutjiadi sekaligus menyudahi jalannya pertandingan dengan skor 4-6.